Senin, 10 Januari 2011

Christina Aguilera


Christina Aguilera
Christina Aguilera, siapa yang tidak mengenal dirinya. Penyanyi asal Pittsburgh, Pennsylvania  ini memulai debut pertamanya saat menyanyikan lagu soundtrack film Mulan di tahun 1998. Reflection, menjadi hits di tahun tersebut dan mampu memperkenalkan Christina ke dunia tarik suara walaupun sempat disebut-sebut sebagai pengikut Britney Spears.
Perempuan ini memiliki nama lengkap Christina Maria Aguilera. Lahir di Pulau Staten, New York, Anerika Serikat pada tanggal 18 Desember 1980. Christina memiliki cirri khas dalam gaya busana yang cenderung eksentrik dan seksi. Banyak penyanyi yang meniru gayanya tersebut.
Christina adalah seorang penyanyi sprint soprano dengan jenis vocal chestvoice. John Norris pun mengatakan bahwa Christina memiliki range vocal 4 oktaf dan berkemampuan untuk bernyanyi dengan whistle register. Namun, Christina tidak menggunakan teknik vocal itu dan memilih bernyanyi dengan suara mid-oktaf yang kuat.
Melalui lagu Reflection, Christina berhasil menggandeng perusahaan rekaman RCA. Dengan perusahaan rekaman tersebut, Christina memiliki empat single nomor satu daftar Billboard Hot 100 antara lain Genie in a Bottle (1999), What a Girls Want , Come on Over Baby (All I Want is You) (2000), serta Lady Marmalade (2001). Selain itu, ia mampu menempatkan beberapa single di posisi top ten, mulai dari I Turn To You (2000), Beautiful dan Ain’t No Other Man (2006), serta Keeps Getting Better (2008).
Debut album perdana Christina Aguilera yaitu Christina Aguilera (1999) dan Back to Basics (2006) mampu menduduki urutan pertama daftar 200 album terlaris versi Billbord Music Chart. Angka penjualan pun tak main-main, yaitu lebih dari 250.000 dan 346.000 keping dalam waktu satu minggu. Sedangkan album Christina yang kedua, Stripped (2002), mendapatkan peringkat kedua dengan angka penjualan lebih dari 330.000 keping.
Tidak hanya menyanyikan lagu pop biasa, tetapi Christina juga membuat album Latin, Mi Reflejo. Mi Reflejo diluncurkan pada tahun 2000. Album tersebut berhasil berada di posisi puncak penjualan album terlaris versi Billboard Latin Album.
Sepanjang perjalanan karirnya, Christina mampu menuai prestasi. Mantan istri Jordan Bratman ini, telah mendapatkan 18 kali nominasi, baik Grammy Awards maupun Latin Grammy Awards. Pada Grammy Award, ia pernah membawa pulang empat piala dalam nominasi Best New Artist (2000), Best Female Pop Vocal Performance (Beautiful-2004, dan Ain’t No Other Man-2007), serta Best Pop Vocal Collaboration with Vocal (Lady Marmalade-2002). Sedangkan pada Latin Grammy Awards, Christina membawa pulang satu piala dalam nominasi Best Female Pop Vocal Album (2001) lewat album Mi Reflejo.
Dari semua prestasi yang Christina raih, kita tidak boleh lupa dengan seseorang di belakangnya. Orang berjasa tersebut adalah Ron Fair. Bisa dikatakan bahwa Christina Aguilera adalah project Ron Fair yang berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar